Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan
Volume 5 Edisi 1, Maret 2018

HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR MANDIRI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 1 SELAYAR

Nur Muthmainnah (Universitas Negeri Makassar)
Zainal Arifin (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar mandiri dengan hasil belajar sosiologi siswa SMAN 1 Selayar. Jenis penelitian yang digunakan adalah  deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 285 siswa kemudian ditarik sampel sebanyak 57 siswa. Populasi yang terjangkau adalah siswa XI dan XII IPS  dengan menggunakan teknik sampel acak sederhana. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil perhitungan koefisien korelasi antara kebiasaan belajar mandiri dengan hasil belajar sosiologi diperoleh koefisien korelasi sederhana (rhitung) 0,796. Berdasarkan pengujian signifikansi koefisien korelasi antara pasangan skor kebiasaan belajar mandiri dengan hasil belajar sosiologi adalah signifikan. selain itu berdasarkan regresi sederhana nilai signifikannya yaitu 0,01< 0,05 artinya  dapat dikatakan bahwa ada hubungan yang nyata atau signifikan antara kebiasaan belajar mandiri dengan hasil belajar sosiologi. Besarnya pengaruh kebiasaan belajar mandiri dengan hasil belajar yaitu 63%, Sedangkan sisanya ditentukan oleh faktor lain seperti motivasi, sarana dan prasarana, disiplin,lingkungan sekolah, keluarga, lingkungan masyarakat, guru, dan lainnya. Oleh karena itu maka dapat dikatakan Ho ditolak dan Hi diterima, yang berarti ada hubungan yang nyata (signifikan) antara kebiasaan belajar mandiri (X) dengan hasil belajar (Y).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sosialisasi

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Sosialisasi: jurnal hasil pemikiran, penelitian dan pengembangan keilmuan sosiologi pendidikan. Published by the peer review process and open access with p-ISSN: 2356-0886 and e-ISSN: 2722-3086. Jurnal Sosialisasi: jurnal hasil pemikiran, penelitian dan pengembangan keilmuan sosiologi ...