Tujuan penelitian ini untuk mengamati, mendiskripsikan, dan menganalisis bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi kurikulum 2013 di TK Dharma Wanita dan PAUD Bunga Mawar. Penelitian ini dilakukan pada TK Dharma Wanita dan PAUD Bunga Mawar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi, selanjutnya data dianalisis. Data kontekstual meliputi tiga prosedur yaitu: (1) reduksi; (2) penyajian data; (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian pada pengelolaan kurikulum TK Dharma Wanita dan PAUD Bunga Mawara adalah pada manajemen kurikulum 2013 di TK Dharma Wanita dan PAUD Bunga Mawar disusun berdasarkan kondisi aktual sekolah dan potensi yang dimiliki siswa. Evaluasi pengelolaan kurikulum yang menitik beratkan pada evaluasi pengelolaan program yang terdiri dari evaluasi rencana, proses dan hasil pembelajaran. Masih terdapat beberapa kelemahan dalam penerapan kurikulum 2013 yaitu penilaian perkembangan nilai moral dan agama tidak dinilai secara kontinyu dan tidak didokumentasikan dalam bentuk laporan penilaian secara tertulis. Kata kunci: Kurikulum 2013, Evaluasi, Anak Usia Dini
Copyrights © 2018