FOKUS : Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan
Vol 2, No 6 (2019): Vol 2, No 6 November 2019

BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING PADA PESERTA DIDIK SMP “X” DI KOTA BANDUNG

Ganjar Nugraha Adit (IKIP Siliwangi)
Heris Hendriana (IKIP Siliwangi)
Tita Rosita (IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode role playing dalam mengurangi perilaku bullying pada peserta didik kelas VIII di SMP “X” Bandung Tahun Pelajaran 2019-2020. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan jenis penelitian pretest-posttest control group design. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 100 peserta didik, dan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Setelah diidentifikasi, maka jumlah sampel yang ada sebanyak 24 peserta didik di kelas VIII A. Selanjutnya dari 24 Peserta kelas VIII A dibagi menjadi dua kelompok yaitu 12 peserta didik sebagai kelompok eksperimen dan 12 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket perilaku bullying. Sebelum mendapatkan perlakuan, dari total 83 peserta didik kelas VIII didapatkan sebanyak 6 peserta didik dengan tingkat bullying tinggi, 59 sedang, dan 18 rendah. Kemudian setelah diberikan perlakuan pada kelompok eksperimen sebanyak 6 sesi, maka terjadi penurunan tingkat bullying yang lebih signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hasil rata-rata skor pre-test kelas eksperimen mengalami penurunan dari semula 94,83 menjadi 75,6 pada saat post-test. Sementara kelas kontrol hanya mengalami sedikit penurunan dari semula 76,41 menjadi 75,1. Dengan melihat Sig. (2-tailed) kelas eksperimen yaitu 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil pre test dengan post test yang artinya ada pengaruh dalam penerapan bimbingan kelompok dengan teknik role playing dalam mengurangi perilaku bullying pada peserta didik kelas VIII di SMP “X” di kota Bandung.Kata Kunci Bimbingan Kelompok, Role Playing, Bullying.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

fokus

Publisher

Subject

Education Environmental Science Public Health Social Sciences Other

Description

Fokus publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Guidance and Counseling study program of IKIP Siliwangi Bandung on current science issues, namely: Guidance and Counseling educator in elementary, secondary and high school level. Guidance and Counseling observers ...