Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan teknik role playing untuk meningkatkan perilaku prososial siswa. Penelitian menggunakan metode bimbingan kelompok role playing dan desain penelitian Quasi Experimental Design. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 55 peserta didik. Dari populasi tersebut terdapat siswa yang mempunyai sikap prososial rendah berjumlah 6 peserta didik kelas X TB 1 yang disebut sebagai kelas eksperimen dan 6 peserta didik kelas X TB 2 yang disebut kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket perilaku prososial. Perlakuan pada kelas eksperimen ini dilakukan dengan tahapan intervensi yang terdiri enam tahap. Hasil dari analisis data setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan uji test statisik Wilcoxon Sign Rank Test  pada kelas eksperimen diperoleh nilai Sig. sebesar 0.028 (< 0.05) ini menunjukkan bahwa Ha diterima. Berbeda dengan hasil uji Wilcoxon Sign Rank Test kelas kontrol yang memperoleh nilai Sig. sebesar 0.066 (> 0.05), maka H0 diterima. Artinya teknik role playing efektif dalam meningkatkan prososial peserta didik. Kata kunci : bimbingan kelompok, role playing, Quasi Experimental Design, prososial.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019