Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa MAN 1 Subang lebih tinggi menggunakan model Reciprocal Teaching daripada memperoleh pembelajaran biasa. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-posttest Control Group Design. Kelompok eksperimen model pembelajaran reciprocal teaching sedangkan kelompok kontrol menggunakan pembelajaran biasa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MAN 1 Subang dengan sampel penelitian siswa kelas X sebanyak dua kelas yang dipilih Non-random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa tes dan non tes. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diukur dengan instrumen tes berupa soal-soal yang berbentuk uraian. Respon siswa diketahui dengan Instrumen non tes berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa MAN 1 Subang lebih tinggi menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching daripada memperoleh pembelajaran biasa. Respon siswa menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching memberikan respon positif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020