Jurnal Pendidikan Islam Rabbani
Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Islam Rabbani

PENGENALAN METODE TAKHRIJ HADITS DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI DOSEN FAKULTAS AGAMA ISLAM (FAI) UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG (UNSIKA)

Tajudin Nur (Fakultas Agama Islam UNSIKA)
Debibik Nabilatul Fauziah (Fakultas Agama Islam UNSIKA)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2017

Abstract

ABSTRAKHadits sebagai sumber syariat Islam kedua setelah Al-Qur’an banyak tersebar di berbagai kitab hadits, upaya pencarian sebuah hadits dengan membuka satu persatu kitab-kitab tersebut tentunya menjadi suatu hal yang tidak mungkin, namun dengan adanya metode takhrij hadist upaya pencarian hadits akan menjadi mudah, metode ini adalah mengeluarkan atau mengungkapkan hadist dari sumber-sumber aslinya. Melihat betapa pentingnya ilmu takhrij maka kami mengadakan pengabdian di kalangan dosen Fakultas Agama Islam (FAI) Unsika berupa pengenalan metode takhrij hadist dengan cara memperkenalkan metode takhrij hadits secara umum dan kitab-kitabnya, serta mempraktekkannya untuk mencari sumber hadits yg terdapat dalam kita-kitab hadits. Pengabdian ini bertujuan agar dosen mampu mengenal metode takhrij hadits dan mempraktekkannya dengan interaksi langsung dengan kitab-kitab takhrij dan kitab-kitab hadits. Kata Kunci: metode takhrij hadits, kompetensi dosen

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

rabbani

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan Islam Rabbani adalah majalah publikasi yang memuat Kajian Ilmu atau selalu berhubungan dengan ilmu Pengetahuan serta temuan baru dalam pendidikan dan pengetahuan ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala, yang diterbitkan oleh Fakultas ...