Jurnal Zarah
Vol 8 No 1 (2020): Jurnal Zarah

MODEL PEMBELAJARAN REMAP NHT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Parameswari, Pradnya (Unknown)
Azizah, Utiya (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2020

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan abad 21 menuntut individu untuk menjadi sumber daya manusia yang berkualitas, diantaranya mampu mengelola, menggunakan, dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi kesetimbangan kimia melalui model pembelajaran Remap NHT ditinjau dari keterlaksanaan model pembelajaran dan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Rancangan penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest Design dengan subyek penelitian peserta didik kelas XI IPA 2 MAN 2 Gresik. Penelitian menggunakan metode pengamatan dengan instrumen berupa lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik, serta metode tes dengan instrumen lembar tes keterampilan berpikir kritis. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) model pembelajaran Remap NHT terlaksana sangat baik selama 2 pertemuan dengan rata-rata persentase keterlaksanaan fase 1 sampai 6 berturut-turut sebesar 98,44 %, 100 %, 100 %, 96,02 %, 100 %, 99,11 % dan peserta didik terlibat aktif selama kegiatan belajar-mengajar, serta 2) keterampilan berpikir kritis peserta didik meningkat ditinjau dari rentang n-gain 0,75-1 dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil keterlaksanaan model pembelajaran Remap NHT dan keterampilan berpikir kritis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Remap NHT efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

zarah

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Zarah menerbitkan artikel hasil penelitian, pengembangan, dan kajian literatur tentang berbagai topik dalam bidang Pendidikan Kimia dan Ilmu ...