Belum optimalnya penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran di perguruan tinggi merupakan salah satu hal yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran yang diterapkan di suatu institusi pendidikan dengan menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini mencoba mengukur tingkat penerimaan penggunaan metode e-learning sebagai media pembelajaran pada mahasiswa jurusan Akuntansi dan Teknik Informatika. Sample dalam penelitian ini berjumlah 60 orang mahasiswa jurusan Akuntansi dan Teknik Informatika yang pernah menggunakan e-learning dalam proses perkuliahan. Data dikumpulkan dengan cara kuisioner, terdiri dari 30 pertanyaan dan dianalisis menggunakan metode regresi. Hasil dari pengujian dengan regresi menyatakan bahwa mahasiswa jurusan Akuntansi dan Teknik Informatika memiliki motivasi yang baik dalam penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran. Pada mahasiswa jurusan Akuntansi persepsi kegunaan lebih mendominasi motivasi mahasiswa dalam penggunaan e-learnig, sedangkan pada mahasiswa jurusan Teknik Informatika persepsi kemudahan mendominasi motivasi penggunaan e-learning.
Copyrights © 2020