Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk mencapai sasaran pembelajaran bahasa Jepang pada kelas XI bahasa 1 di SMA Negeri 1 Busungbiu, (2) kendala-kendala yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran bahasa Jepang kelas XI bahasa 1 di SMA Negeri 1 Busungbiu. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Jepang di kelas XI bahasa 1 SMA Negeri 1 Busungbiu. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan simak catat, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk mencapai sasaran pembelajaran bahasa Jepang pada kelas XI bahasa 1 di SMA Negeri 1 Busungbiu, strategi pembelajaran yang digunakan yaitu strategi kontekstual, cermah, drill, tanya jawab, dan diskusi sedangkan sasaran pembelajaran bahasa Jepang yaitu agar siswa mampu mengembangkan keterampilan dasar berbahasa Jepang yang meliputi aspek mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis; (2) Kendala yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran bahasa Jepang kelas XI bahasa 1 di SMA Negeri 1 Busungbiu yaitu pada saat guru memberikan choukai ke pada siswa, siswa masih agak susah menangkap percakapan yang dimaksud dan terkendala dalam menghafal kosakata.Kata Kunci : PEMBELAJARAN, PROFIL, STRATEGI PEMBELAJARAN 本研究ã¯ã€ï¼ˆï¼‘)日本語を教ãˆã¦ã„ã‚‹ç¬¬ï¼‘ãƒ–ã‚¹ãƒ³ã‚°ãƒ“ã‚¦å›½ç«‹é«˜æ ¡ä¸»ã«æ—¥æœ¬èªžã‚’æ•™ãˆã‚‹æ•™å¸«ã®å¦ç¿’方法を解æžã™ã‚‹äº‹ã§ã‚る。(2)第1ブスングビウ国立高校ã®ä½¿å¾’ã®å¦ç¿’å•題点。ã“ã®ç ”ç©¶ã®å¯¾è±¡ã¯ç¬¬ï¼‘ãƒ–ã‚¹ãƒ³ã‚°ãƒ“ã‚¦å›½ç«‹é«˜æ ¡ã®æ—¥æœ¬èªžã‚’æ•™ãˆã‚‹æ•™å¸«ã§ã‚る。書類åŽé›†ã®æ–¹æ³•ã¯è¦³å¯Ÿã€ã‚¤ãƒ³ã‚¿ãƒ“ューã€ãƒ‰ã‚ュメンタリーã§ã¨æ³¨ã‚’å‚照。ãれã§ãƒ‡ãƒ¼ã‚¿ã‚’定性的記述法ã«ã‚ˆã‚Šåˆ†æžã—ãŸã€‚(1)研究ã®çµæžœã¯æ•™å¸«ãŒæ‰±ã£ã¦ã‚‹å¦ç¿’æ–¹æ³•ã¯æ–‡è„ˆçš„ã€å¾¡å–‹ã‚Šã€ãƒ‰ãƒªãƒ«ã€è³ªå•ã¨å›žç”ã€ã§ã¨è°è«–。ã—ãªãŒã‚‰æ—¥æœ¬èªžèƒ½åŠ›ã€èªã¿ã€æ›¸ãã€èžãã‚’å«ã¾ã‚Œã¦ã‚る。(2)第1ブスングビウ国立高校生徒ã®å•題点ã¯è´è§£ã‚’å¦ç¿’ã™ã‚‹æ™‚生徒ã¯ã‚ã¾ã‚Šä¼šè©±ã‚’èžãå–れãªã„。keyword : å¦ç¿’ã€ç´¹ä»‹ã€ã‚¹ãƒˆãƒ©ãƒ†ã‚¸ãƒ¼
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020