Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan program TPA untuk anak usia dini di rusunawa Jurug Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.. Informan dalam penelitian ini adalah wali santri dan pengelola TPA. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu, dan perpanjangan pengamatan. Teknik analisis data menggunakan model analisis data interaktif (Miles and Huberman). Hasil penelitian ini yaitu program TPA rusunawa Jurug menggunakan kurikulum yang mengacu pada pedoman dari kementerian agama dengan ditambahi mutatan lokal rusunawa Jurug. Kegiatan pengelolaan meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi terhadap administrasi, pembelajaran, dan pendanaan. Kegiatan pembelajaran TPA dilaksanakan pada hari Senin, Rabu, dan Jumat pada pukul 16.00-20.00. ProgramĀ TPA dapat menstimulasi perkembangan anak usia dini melalui pembiasaan dan materi yang diajarkan di TPA.
Copyrights © 2020