Phi : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan
Vol 5, No 1 (2019)

HUBUNGAN PERSEPSI SISWA MENGENAI KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI PADA SMAN 1 DARUL IMARAH

Zuhemi, Muhammad (Unknown)
Annisa, Fera (Unknown)
Soewarno, Soewarno (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2020

Abstract

Idealnya jika seorang siswa memiliki persepsi yang baik terhadap keterampilan mengajar gurunya maka hasil belajar siswa tersebut juga akan baik. Namun kenyataannya hasil belajar Fisika siswa masih sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar Fisika siswa kelas  XI IPA  SMAN  1  Darul Imarah.  Hubungan antar variabel tersebut dibuktikan dengan menggunakan metode statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Darul Imarah tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri atas 3 kelas yaitu kelas XI IPA 1 dengan 30 siswa , kelas XI IPA 2 dengan 30 siswa, kelas XI IPA 3 dengan 20 siswa. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah IPA 1 dan kelas XI IPA 2 yaitu sebanyak 60 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang dihasilkan adalah sebesar 0,007 < 0,05 pada nilai Pearson Correlation yang dilakukan melalui analisis korelasi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnalphi

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Engineering Physics Other

Description

Jurnal Phi teregistrasi dengan ISSN : 2549-7162 (daring) dan ISSN : 2460-4348 (cetak) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil riset dalam lingkung fisika dan pendidikan fisika yang berdampak pada pengetahuan dan teknologi. Kami tidak menerima tulisan yang masih berupa hasil pendahuluan atau ...