Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE)
Vol 2 No 1 (2012): Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE)

PENGGUNAAN MEDIA KARTU UNSUR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KONSEP UNSUR KIMIA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 AMBON

Yeslia Utubira (Pattimura University Ambon)
Yuli Filindity (Pattimura University Ambon)



Article Info

Publish Date
28 May 2020

Abstract

Kartu unsur merupakan salah satu media pembelajaran, berupa kartu dua sisi yang berfungsi untuk membantu siswa belajar secara kreatif. Dengan demikian, telah dilakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa seteleh diterapkan media kartu unsur. Analisa secara deskriptif menunjukan bahwa, hasil belajar selama proses pembelajaran diperoleh aspek kognitifnya 96,25%, aspek afektifnya 64,29%, sedangkan aspek psikomotor 78,57%. Setelah mengikuti proses pembelajaran, hasil tes akhir diperoleh 64,29% siswa mencapai KKM perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

mjoce

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE) merupakan jurnal ilmiah berkala dengan ciri khas/identitas Kimia dari Maluku, seperti: minyak atsiri, produk dan pangan laut, pendidikan kimia yang berkarakter kelautan dan kepulauan, dll. Jurnal ini berisi tulisan ilmiah tentang bidang kimia yang ...