Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika
Vol 4, No 2 (2018)

Rancang Bangun Alat Praktikum Hukum Ohm Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills)

Asep Saefullah (Jurusan Pendidikan Fisika, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Mohammad Fakhturrokhman (Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Yuvita Oktarisa (Jurusan Pendidikan Fisika, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Resty Dwi Arsy (Jurusan Pendidikan Fisika, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Hayin Rosdiana (Jurusan Pendidikan Fisika, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Vaka Gustiono (Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Seno Indriyanto (Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah pembuatan alat praktikum hukum Ohm yang tidak hanya memfasilitasi siswa untuk melakukan praktikum hukum Ohm, melainkan juga memfasilitasi siswa untuk memiliki keterampilan berfikir tingkat tinggi / Higher Order Thinking Skilss (HOTS) melalui kegiatan praktikum. Proses pembuatan alat praktikum hukum Ohm ini melalaui tiga tahapan yaitu : merancang, membuat, dan menguji. Pada proses merancang, alat praktikum didesain sedemikian rupa agar mampu melatihkan keterampilan berfikir tingkat tinggi, utamanya pada kemampuan menganalisis dan mengkreasi. Pada proses membuat, pembuatan alat praktikum menggunakan bantuan sinar laser, agar alat praktikum tidak mudah pecah dan penampilannya bagus. Pada proses terakhir, yaitu menguji, proses penujian bertujuan untuk membuktikan bahwa alat praktikum dapat digunakan siswa untuk menemukan konsep hukum Ohm. Hasil proses pengujian menunjukan bahwa alat praktikum dapat digunakan untuk menemukan konsepĀ  hukum Ohm, selain itu alat praktikum jug dapat digunakan untuk melatihkan kemampuan berfkir tingkat tinggi pada siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Gravity

Publisher

Subject

Astronomy Earth & Planetary Sciences Education Materials Science & Nanotechnology Physics

Description

The focuses of the manuscript received in the Gravity journal is limited to the topic: Physics Education (Media, Educational Policy, Assessment, Learning Model) Theoretical Physics Material Physics Earth and Environmental Physics Astrophysics Medical Physics Computational Physics and ...