At-Tajdid : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam
Vol 3, No 2 (2019): JULI-DESEMBER 2019

PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM ISMUBA DI SMP MUHMAMMADIYAH PAKEM SLEMAN YOGYAKARATA

Yogi Wibisono (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2020

Abstract

Penelitian mini riset ini membahas tentang pengembangan dan implementasi kurikulum. Merujuk dari permasalahan yang dihadapai dunia pendidikan di era globalisasi dan tekhnologi yang signifikan perkembangannya, pengembangan dan pengimplementasian kurikulum penting dalam pendidikan untuk menciptakan proses pembelajaran yang produktif, efesien dan kratif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pemahaman guru terhadap kurikulum ISMUBA dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan  menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data di lapangan dilakukan dengan reduksi data, pengorganisasian dan pengolahan data sesuai dengan tujuan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan kurikulum di SMP Muhammadiyah Pakem, tidak menggunakan kurikulum pendidikan agama Islam, melainkan menggunakan kurikulum ISMUBA, yaitu produk majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah.  Pengembangan kurikulum ISMUBA dilaksanakan dalam dua sisi, yaitu intenal dan eksternal. Hasil analisis field research, pengembangan dan implementasi kurikulum ISMUBA bisa dikatakan baik dan kompleks. Tetapi diperlukan evaluasi guru untuk selalu berinovasi dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

attajdid

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Library & Information Science Social Sciences

Description

Fokus dan scope: jurnal At-Tajdid merupakan jurnal pendidikan dan pemikiran islam,yang diterbitkan dua kali dalam setahun periode januari – juni, dan juli-desember. At-Tajdid merupakan artikel hasil penelitian dalam bentuk penelitian pengembangan, kualitatif, kuantitatif, studi literatur, aplikasi ...