Sebagai media sosial, pendidikan memiliki peranan penting dalammenciptakan generasi yang beretika, bermoral dan berani dalamberkomunikasi sesuai dengan aturan yang berlaku dalam masyarakat.Peserta didik tidak hanya dibekali dengan kecerdasan pikiran tetapi perludibekali dengan kecerdasan emosional yang adalah kemampuanseseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosidirinya dan orang lain di sekitarnya. Dalam hal ini, emosi mengacu padaperasaan terhadap informasi akan suatu hubungan. Sedangkan,kecerdasan (intelijen) mengacu pada kapasitas untuk memberikan alasanyang valid akan suatu hubungan. Jenis penelitian yang digunakan adalahpenelitian timbal balik/ interaktif. Penelitian dilaksanakn di kelas VIISekolah Menengah Pertama Negeri Aewora, Kecamatan Maurole.Instrumen penelitian yang dipakai adalah berupa angket. Pengukurananglet menggunakan skala Likert. Angket dianalisis secara deskriptifuntuk mengetahui presentase jawaban. Hasil presentasi dapatdideskripsikan bahwa tingkat kecerdasan emosional dan sikap ilmiahJurnal Dinamika Sains, ISSN: 2549-4929 JDS 2018, 2(1), 20peserta didik pada kategori sangat baik sebesar 25%, kategori baiksebesar 60%, kategori kurang baik sebesar 15%, sedangkan padakategori tidak baik dan sangat tidak baik sebesar 0%. Dari hasilpresentasi tersebut disimpulkan bahwa kecerdasan emosional dan sikapilmiah peserta didik dikategorikan baik.
Copyrights © 2018