Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakahpendekatan saintifik berbasis inkuiri efektif dalam meningkatkan hasilbelajar fisika topik impuls dan momentum kelas X MIA MAN Endetahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuidan menganalisis efektivitas pendekatan saintifik berbasis inkuiridalam meningkatkan hasil belajar fisika topik impuls dan momentumkelas X MIA MAN Ende tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitianadalah penelitian eksperimen pendekatan kuantitatif dengan desainpenelitian pre-eksperimental dengan model one-shot case study.Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X MIA MANEnde yang berjumlah 172 orang dan sampel penelitian berjumlah 27orang yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Data yangdiperoleh dari sampel penelitian berupa nilai hasil belajar fisikapeserta didik. Analisis data dilakukan dengan uji-t satu sampel. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa: pembelajaran dengan pendekatansaintifik berbasis inkuiri efektif dalam meningkatkan hasil belajarfisika peserta didik topik impuls dan momentum kelas X MIA MANEnde tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan analisisdata pengujian hipotesis diperoleh thitung (4,181) > ttabel (1,706) padataraf signifikan (?) = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 26.
Copyrights © 2018