Optika : Jurnal Pendidikan Fisika
Vol. 2 No. 1 (2018): Jurnal Dinamika Sains

EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X MIA MAN ENDE

Ainun Jariah (Universitas Flores)
Adrianus Nasar (Universitas Flores)
Aloisius Harso (Universitas Flores)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2018

Abstract

Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakahpendekatan saintifik berbasis inkuiri efektif dalam meningkatkan hasilbelajar fisika topik impuls dan momentum kelas X MIA MAN Endetahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuidan menganalisis efektivitas pendekatan saintifik berbasis inkuiridalam meningkatkan hasil belajar fisika topik impuls dan momentumkelas X MIA MAN Ende tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitianadalah penelitian eksperimen pendekatan kuantitatif dengan desainpenelitian pre-eksperimental dengan model one-shot case study.Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X MIA MANEnde yang berjumlah 172 orang dan sampel penelitian berjumlah 27orang yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Data yangdiperoleh dari sampel penelitian berupa nilai hasil belajar fisikapeserta didik. Analisis data dilakukan dengan uji-t satu sampel. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa: pembelajaran dengan pendekatansaintifik berbasis inkuiri efektif dalam meningkatkan hasil belajarfisika peserta didik topik impuls dan momentum kelas X MIA MANEnde tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan analisisdata pengujian hipotesis diperoleh thitung (4,181) > ttabel (1,706) padataraf signifikan (?) = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 26.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

optika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode ...