Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran
Vol 6, No 2 (2012)

KEMAMPUAN GURU SD DALAM PERENCANAAN INTIM (INOVASI, TEKNIK, DAN MODEL) PEMBELAJARAN SASTRA

Harjito Harjito (FPBS IKIP PGRI SEMARANG)
Ika Septiana (FPBS IKIP PGRI SEMARANG)
Nazla Maharani U (FPBS IKIP PGRI SEMARANG)
Ahmad Ripai (FPBS IKIP PGRI SEMARANG)
Sri Wijayanti (FPBS IKIP PGRI SEMARANG)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2013

Abstract

Kemampuan Guru SD?é?á dalam Perencanaan?é?á Intim (Inovasi, Teknik, Dan Model)?é?á Pembelajaran Sastra.?é?á Permasalahan yang diteliti: 1) apa sajakah masalah yang dihadapi guru SD dalam perencanaan?é?á Intim (inovasi, teknik, dan model)?é?á pembelajaran sastra? 2) bagaimanakah kemampuan guru SD?é?á dalam perencanaan?é?á Intim (inovasi, teknik, dan model)?é?á pembelajaran sastra?. Tujuan penelitian: 1) mendeskripsikan masalah yang dihadapi guru SD dalam perencanaan?é?á Intim (inovasi, teknik, dan model)?é?á pembelajaran sastra.?é?á 2) mendeskripsikan kemampuan guru SD?é?á dalam perencanaan?é?á Intim (inovasi, teknik, dan model)?é?á pembelajaran sastra. Berdasasarkan hasil penelitian diperoleh data mengenai ketegori perencanaan guru yang mempersiapkan dan melaksanakan inovasi pembelajaran?é?á 62%,?é?á kadang-kadang melakukan inovasi 36%, tidak tahu mengenai perencanaan inovasi 1%, dan tidak menjawab 1%. Kategori perencanaan model pembelajaran, guru memahami dan menerapkan model pembelajaran?é?á 58%, kadang-kadang memahami dan menerapkan model pembelajaran?é?á 39%, tidak tahu model?é?á pembelajaran?é?á 2%, tidak menjawab pilihan 2%. Sedangkan kategori perencanaan teknik pembelajaran, guru memahami dan merencanakan teknik pembelajaran 65%, kadang-kadang memahami teknik pembelajaran 32%, tidak tahu teknik pembelaran 1%, dan tidak menjawab?é?á 2%. Kemampuan guru SD dalam perencanaan Intim (Inovasi, Teknik, dan Model) pembelajaran sastra masih perlu ditingkatkan karena masih ada banyak kendala dan masalah yang dihadapi guru dalam pembelajaran sastra. Hal tersebut disebabkan karena sarana prasarana sekolah yang kurang menunjang dalam pembelajaran, peningkatan kompetensi guru yang kurang merata, dan kompleksitas masalah pembelajaran serta kompleksitas kondisi peseta didik yang multikultural. ?é?á Kata kunci: Kemampuan, Guru SD, Perencanaan INTIM, Pembelajaran Sastra

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

mediapenelitianpendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, dengan nomor ISSN 1978-936X (cetak) dan ISSN 2528-0562 (online) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Media Penelitian Pendidikan : ...