Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran
Vol 12, No 2 (2018)

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

Dawi Asil Irbah (Universitas PGRI Semarang)
Widya Kusumaningsih (Universitas PGRI Semarang)
Sutrisno Sutrisno (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan gaya belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kayen. Teknik analisis datanya terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Siswa bergaya belajar visual mampu menyelesaikan masalah dengan fasih, lancar dan dapat memberikan beragam jawaban yang benar. Selain itu siswa bergaya belajar visual mampu menyelesaikan masalah dengan berbagai cara serta mampu mengembangkan jawaban dengan pemikiran sendiri. (2) siswa bergaya belajar auditorial dan kinestetik mampu menyelesaikan masalah dengan fasih dan cara yang berbeda atau menyelesaikan masalah dengan fasih dan mampu mengembangkan cara dengan pemikirannya sendiri.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

mediapenelitianpendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, dengan nomor ISSN 1978-936X (cetak) dan ISSN 2528-0562 (online) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Media Penelitian Pendidikan : ...