Jurnal Metamorfosa
Vol 3 No 1 (2015)

WACANA IKLAN CALON GUBERNUR SUMATERA UTARA PERIODE 2013-2018: PENDEKATAN MIKROSTRUKTURAL DAN MAKROSTRUKTURAL

Wahidah Nasution (STKIP Bina Bangsa Getsempena)
Sarwiji Suwandi (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2015

Abstract

Iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi yang khas.Teks iklan terkait erat dengan ragam bahasa jurnalistik.Penelitian ini mengkaji wacana iklan calon gubernur Sumatera Utara periode 2013-2018.Data diperoleh dari harian Sumut Pos, Waspada, dan harian Tribun.Wacana tersebut dikaji dengan pendekatan makrostruktural dan mikrostruktural.Berdasarkan pendekatan tersebut, ditemukan adanya kohesi tekstual mencakup gramatikal dan leksikal. Pengacuan (referensi), pelesapan (ellipsis),dan perangkaian (konjungsi)ditemukan pada kohesi gramatikal. Sedangkan Repetisi (perulangan) ditemukan pada kohesi leksikalsebagai salah satu penanda koherensi. Analisis kontekstual mencakup iklan dari lima calon dengan pengusung partai yang berbeda satu sama lain, konteks situasi, prinsip penafsiran personal, dan sosial kultural iklan. Pada wacana iklan ditemukan adanya warna yang mendominasi pada setiap iklan sebagai bentuk penguatan terhadap partai yang menjadi pengusungnya untuk maju menjadi calon gubernur.Berdasarkan sosial kultural, iklan ini berada pada tahap offer justification dengan pendekatan competitivestage dan rentetivestage. Kata-kata kunci: Iklan, makrostruktural, mikrostruktural

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

metamorfosa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Metamorfosa Journal (e-ISSN 2502-6895 and p-ISSN 2338-0306) is a periodic scientific publication intended for lecturers, students and educational observers to disseminate the results of studies, thoughts and research that are relevant in the fields of language, Indonesian literature and regions. ...