AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 9, No 2 (2020)

PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA RECCE UNTUK MENDUKUNG KOMPETENSI KOGNITIF

Alifia Gunita Ningsih (University of Muhammadiyah Malang)
Arif Hidayatul Khusna (University of Muhammadiyah Malang)
Anis Farida Jamil (University of Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan kerangka kerja RECCE untuk mendukung kompetensi kognitif mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menggambarkan proses pembelajaran yang terjadi. Produk penelitian ini adalah RPP. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi untuk menilai kelayakan RPP sebelum diterapkan dan lembar keterlaksanaan pembelajaran yang digunakan untuk mendeskripsikan aktivitas mahasiswa selama pembelajaran. Teknik pengumpulan data melalui observasi sedangkan teknik analisis data terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah kerangka kerja RECCE berhasil mendukung kompetensi kognitif mahasiswa. Mahasiswa aktif dalam mengungkapkan pendapat, berdiskusi, dapat memberikan contoh nyata pada translasi, dapat menjelaskan definisi translasi menggunakan bahasa sendiri, dapat membuktikan teorema pada translasi, dapat menyelesaikan masalah translasi yang disajikan, dan dapat mengerjakan LKM sesuai dengan pemahaman yang didapat. Berdasarkan keaktifan mahasiswa selama pembelajaran berlangsung maka penggunaan kerangka kerja RECCE pada translasi sudah tepat digunakan dalam mendukung kompetensi kognitif mahasiswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...