AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 9, No 2 (2020)

KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA MENGGUNAKAN BAR MODEL PADA MATERI ALJABAR

Agustiani Putri (Universitas Negeri Jakarta)
Dadan Sumardani (Universitas Negeri Jakarta)
Wardani Rahayu (Universitas Negeri Jakarta)
Mimi Nur Hajizah (Universitas Negeri Jakarta)
Adi Rahman (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan bar model terhadap kemampuan literasi matematika khususnya pada materi aljabar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Kedua kelas yang dipilih berasal dari populasi yang berdistribusi normal, memiliki varians homogen dan mempunyai kesamaan rata-rata. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis yang dibuat sesuai indikator keterampilan literasi matematika pada materi aljabar sebanyak 5 soal yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian, kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t dan taraf signifikansi  Berdasarkan hasil post-test, diperoleh  dan  sehingga , maka  ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bar model lebih efektif daripada model konvensional untuk mengembangkan kemampuan literasi matematika. AbstractThis study discusses the efectiveness of bar modeling on specific mathematical literacy abilities in algebraic material. This research is quantitative research. The research method used is a research method with a sampling technique using cluster sampling. The subjects in this study were 36 students in the experimental and control class. The second class chosen is normally distributed, has homogeneous variants and has the same average ability. Collecting data using written tests that are made in accordance with mathematical literacy skills in algebraic material as many as 5 questions that have been tested for validity and reliability. Based on the results of the study, the experimental class and the control class were normally distributed and had the same variants. Hypothesis testing is done by t-test and significance level α = 0.05. Based on the results of the calculation, obtained and  so , then  is rejected. Therefore, it can be concluded that the use of bar models is more effective than conventional models for developing mathematical literacy skill.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...