Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 8, No 1 (2020)

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA

Suhardiman Naba (Universitas Halu Oleo)
Anwar Bey (Universitas Halu Oleo)
La Ode Ahmad Jazuli (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara deskriptif dan inferensial: (1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik siswa antara yang mendapat pembelajaran berbasis masalah dan yang mendapat pembelajaran konvensional (2) Efektivitas peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik siswa antara yang mendapat pembelajaran berbasis masalah dan yang mendapat pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji-t. Dari hasil analisis data dan pembahasan diperoleh beberapa kesimpulan berikut. Pertama: rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah adalah sebesar 0,73 tergolong klasifikasi tinggi, di mana 66,67% siswa memperoleh peningkaran lebih dari 0,70. Kedua: rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang mendapat pembelajaran konvensional adalah sebesar 0,49 tergolong klasifikasi sedang, di mana 76% siswa memperoleh peningkatan kurang dari 0,70. Ketiga: Pembelajaran berbasis masalah lebih efektif daripada pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematik siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...