Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 8, No 1 (2020)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KENDARI

Dwi Regita Mardianti (Universitas Halu Oleo)
Muhammad Sudia (Universitas Halu Oleo)
La Arapu La Arapu (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran Reciprocal terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar matematika siswa, dan (3) perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Desain penelitian menggunakan post-test two experimental groups design. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial terdapat uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Reciprocal terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) tidak terdapat pengaruh yang signify kan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar matematika siswa, (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...