Jurnal Pendidikan Matematika RAFA
Vol 5 No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Matematika RAFA

Model Problem Based Learning (PBL) dengan Teknik Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Dewi Rohana (Pendidikan Matematika Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Pendidikan PGRI Lubuklinggau)
Sukasno Sukasno (Pendidikan Matematika Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Pendidikan PGRI Lubuklinggau)
Lucy Asri Purwasi (Pendidikan Matematika Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Pendidikan PGRI Lubuklinggau)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika di SMP di Muara Beliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah implementasi model Problem Based Learning dengan teknik Scaffolding kelas VII SMP di Muara Beliti. Penelitian ini berbentuk eksperimen semu yang dilaksanakan tanpa adanya kelompok pembanding. Populasinya seluruh siswa kelas VII SMP di Muara Beliti yang berjumlah 310 siswa. Sebagai sampel adalah kelas VII.3 dengan 35 siswa yang di ambil secara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes berbentuk uraian. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 0,05. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP di Muara Beliti setelah mengikuti model Problem Based Learning dalam kategori baik. Rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah setelah diberi perlakuan sebesar 72,11, persentase jumlah siswa dengan kategori baik dan sangat baik sebesar 82,86%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpmrafa

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Matematika RAFA is a double blind peer-reviewed journal which is published by Mathematics Education Study Programme of Tarbiyah and Teacher Training Faculty of Islamic State University of Raden Fatah Palembang. This journal publishes current concept and research papers on in the ...