Suska Journal of Mathematics Education
Vol 6, No 1 (2020)

Pengaruh Kemampuan Memahami Bukti Matematis terhadap Kemampuan Mengonstruksi Bukti Matematis pada Topik Trigonometri

Herizal Herizal (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Malikussaleh, Aceh Utara, Aceh)
Suhendra Suhendra (Universitas Pendidikan Indonesia)
Elah Nurlaelah (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 May 2020

Abstract

Kemampuan pembuktian matematis merupakan bagian dari kemampuan penalaran matematis. Salah satu tujuan pembelajaran matematika di Indonesia adalah untuk meningkatkan kemampuan tersebut karena berfungsi untuk melatih kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi. Kemampuan pembuktian matematis terdiri dari dua sub-kemampuan, yaitu kemampuan memahami bukti matematis dan kemampuan mengonstruksi bukti matematis. Salah satu topik matematika SMA yang sarat dengan pembuktian matematis adalah trigonometri. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah kemampuan memahami bukti matematis berpengaruh terhadap kemampuan mengonstruksi bukti matematis. Sebuah tes yang terdiri dari 4 soal kemampuan memahami bukti matematis dan 3 soal kemampuan mengonstruksi matematis diberikan kepada 30 siswa kelas X di salah satu SMA Kota Bandung. Skor siswa dianalisis secara statistik. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami bukti matematis berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mengonstruksi bukti matematis. Hasil tersebut mengisyaratkan bahwa guru selama proses pembelajaran matematika seharusnya tidak hanya fokus untuk meningkatkan kemampuan mengonstruksi bukti matematis tetapi juga harus fokus dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami bukti matematis.

Copyrights © 2020