Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika
Vol 8, No 1 (2020): VOLUME 8 NOMOR 1 JUNI 2020

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SEBAGAI DAMPAK PEMBELAJARAN SINEKTIK DAN TIPE KEPRIBADIAN

Chairul Saleh (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Hasan Sastra Negara (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Istihana Istihana (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis antara pembelajaran Sinektik dengan peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional, (2) mendeskripsikan pengaruh tipe kepribadian peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, dan (3) mendeskripsikan interaksi antara pembelajaran Sinektik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari tipe kepribadian peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimental. Desain penelitian posttest only control design dan kelompok dipilih secara random. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran Sinektik secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, tidak terdapat pengaruh tipe kepribadian terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis secara signifikan, dan terdapat interaksi antara pembelajaran Sinektik dan Tipe Kepribadian terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edusains

Publisher

Subject

Education

Description

Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika (p-ISSN 2238-4387; e-ISSN 2580-3247) is peer-reviewed journal published biannually in June and December. The Journal is published by Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya ...