Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
Vol 5, No 2 (2019)

NUKILAN PEMIKIRAN ISLAM ABAD PERTENGAHAN Gagasan Pendidikan Ibn Khaldun (732/1332-808/1406)

Zaini Dahlan (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2019

Abstract

Artikel ini menelaah gagasan pemikiran abad pertengahan Islam, tepatnya gagasan pendidikan Ibn Khaldun. Data kajian ini diperoleh melalui studi kepustakaan dengan pendekatan analisis isi. Secara khusus, studi ini membahas tentang biografi singkat Ibn Khaldun yang terdiri atas empat fase, yakni fase perkembangan dan menuntut ilmu, fase politik dan kiprahnya dalam bidang pemerintahan di Maroko dan Andalusia, fase menulis dan bukti karya intelektualnya, dan fase tugasnya dalam bidang pengajaran dan pengadilan di Mesir. Sementara gagasannya dalam bidang pendidikan meliputi hakikat manusia, tujuan pendidikan, kurikulum, metode pembelajaran, pendidik, peserta didik dan lingkungan pendidikan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ihya

Publisher

Subject

Education

Description

Ihya' al 'Arabiyah is a peer-reviewed academic journal, established in 2015 as part of the UIN Sumatera Utara Medan. Ihya' Journal is dedicated to the publication of scholarly articles in various branches of Arabic Studies, by which exchanges of ideas as research findings is facilitated. Ihya' ...