Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi brainstorming dalam mengembangkan keterampilan proses sains dan sikap spiritual siswa pada konsep keanekaragaman hayati di SMA Negeri 5 Metro, Lampung. Sampel penelitian terdiri dari (60) siswa. Sampel didistribusikan ke dalam dua kelas, yang pertama mewakili kelompok eksperimen berjumlah (30) siswa diajarkan melalui strategi brainstorming melalui kursus mengembangkan keterampilan proses sains siswa dan sikap spiritual, dan yang kedua mewakili kelompok kontrol berjumlah (30) siswa. Instrumen penelitian ini adalah rencana pembelajaran menggunakan strategi curah pendapat, tes keterampilan proses sains, skala penilaian sikap spiritual, dan lembar observasi untuk keterampilan proses sains. Kedua validitas dan reliabilitas instrumen diperiksa oleh peneliti. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan statistik yang signifikan pada tingkat (α = 0,05) antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam hal skor rata-rata keterampilan proses sains dan sikap spiritual siswa. Dalam penelitian ini diketahui bahwa strategi brainstorming efektif dalam mengembangkan keterampilan proses sains dan sikap spiritual siswa. Oleh karena itu, peneliti merekomendasikan penggunaan strategi ini, terutama di SMA 5 Metro, Lampung. Juga, kita dapat menggunakan strategi di sekolah lain dalam konteks pembelajaran yang relevan dengan temuan penelitian ini.
Copyrights © 2020