Jurnal Manajemen & Keuangan
Vol 8 No 3 (2019): EDISI KHUSUS: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN

Strategi Inovasi pada Industri Kreatif Digital: Upaya Memperoleh Keunggulan Bersaing pada Era Revolusi Industri 4.0

Rofi Rofaida (Unknown)
Suryana (Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung,Indonesia)
Asti Nur Aryanti (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun (STIE INABA), Bandung, Indonesia)
Yoga Perdana (Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung,Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi inovasi sebagai upaya meningkatkan kinerja bisnis dan keunggulan bersaing industri kreatif digital di era revolusi industri 4.0. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik penarikan sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Ukuran sampel yang digunakan adalah 50 pelaku usaha industri kreatif digital di Provinsi Jawa Barat yang mengetahui dengan jelas proses inovasi pada industri kreatif digital. Data dikumpulkan melalui metode observasi, penyebaran kuesioner, in depth interview dan focus group discussion /FGD dengan pelaku industry kreatif digital, tim peneliti, komunitas industri kreatif digital, dan expert di bidang industri kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa industri kreatif digital di Jawa Barat memiliki permasalahan dalam menetapkan strategi inovasi yang tepat. Rekomendasi yang diberikan adalah penetapan strategi inovasi pada tiga aspek yaitu inovasi produk, inovasi proses, dan inovasi pemasaran. Hasil penelitian dapat memberikan implikasi bagi perusahaan dalam bentuk strategi inovasi yang tepat dan membantu pemerintah daerah dalam merumuskan kebijakan yang tepat bagi tumbuh dan berkembangnya industri kreatif digital di Jawa Barat. Penelitian dengan topik inovasi pada industri kreatif digital masih jarang dilakukan sehingga diharapkan hasil penelitian ini bisa menjadi kebaruan/originalitas yang dapat memperkuat penelitian dengan topik yang lain pada industri kreatif digital Kata Kunci: strategi inovasi; industri kreatif digital;keunggulan bersaing

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jmk

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Other

Description

Jurnal Manajemen & Keuangan merupakan wahana hasil penelitian dan telaah konseptual dalam bidang manajemen dan keuangan, diterbitkan sejak tahun 2012 dan terbit 2 kali setahun pada bulan Mei dan ...