JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN (JMMP)


PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, IKLIM SEKOLAH, BUDAYA ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI GURU

Syamsiah Syamsiah (Unknown)
Alben Ambarita (Unknown)
Sowiyah Sowiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2014

Abstract

The purpose of this study was to determine and analysis: (1) a significant and positive effect of school leadership toward achievement motivation of teachers, (2) a significant and positive effect of school climate on job performance and achievement motivation, (3 ) a significant and positive influence organizational culture on achievement motivation, (4) a significant and positive effect jointly between leadership, school climate, organizational culture on achievement motivation teachers. This research is a quantitative study with a correlation approach. The results showed that (1) there is a significant relationship between principal leadership towards the achievement motivation of teachers 54.1%, (2) there is a significant relationship between school climate on achievement motivation 75,0%, (3) there is a significant relationship between organizational culture on achievement motivation 30.5%, (4) there is a significant together relationship between principal leadership, school climate and organizational culture on achievement motivation of teachers.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan analisis: (1) Pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala  sekolah terhadap motivasi berprestasi guru, (2)  Pengaruh positif dan signifikan iklim sekolah terhadap prestasi  kerja motivasi berprestasi guru, (3)  Pengaruh positif dan signifikan budaya organisasi terhadap motivasi berprestasi guru, (4) Pengaruh positif dan signifikan  secara bersama-sama antara kepemimpinan, iklim sekolah, budaya organisasi terhadap motivasi berprestasi guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi guru sebesar 54,1%. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara iklim sekolah terhadap motivasi berprestasi guru sebesar 75,0%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikafn antara budaya organisasi terhadap motivasi berprestasi guru sebesar 30,5%. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah dan budaya organisasi guru terhadap motivasi berprestasi.Kata kunci: budaya organisasi, iklim sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, motivasi berprestasi

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

JMMP

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Environmental Science

Description

Focus and Scope . Assessment dan evaluasi pembelajaran Manajemen Teknologi dan Inovasi pembelajaran Pembelajaran berbasis HOT Pembelajaran berbasis inkusif Manajemen pembelajaran terpadu Manajemen pendekatan Ilmiah termasuk metode ilmiah sebagai metode yang sedang berlangsung; Blended ...