JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN (JMMP)


EKSPEKTASI GURU TERHADAP PROGRAM PENGEMBANGAN PROFESI

Sriwiyana Sriwiyana (Unknown)
Bujang Rahman (Unknown)
Alben Ambarita (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2015

Abstract

This study aims to determine the expectations of teachers to professional development programme in: 1) planning; 2) organizing; 3) the implementation; and 4) monitoring conducted in MI Miftahul Jannah and MI Al-Munawarroh city of Bandar Lampung. This study uses a phenomenological approach to qualitative descriptive research. The method chosen was purposive sampling, with interviews and documentation as data collection techniques. Results of this research were: 1) Expectations of teachers to plan has not met the expectations; 2) Expectations of teachers to the organization has not fully met the expectations; 3) Expectations of teachers to the execution has not met expectations; and 4) Expectations of teachers to supervisory teacher professional development program has not met expectations because the teachers are not evaluated directly, supervisors lesser role in the evaluation, and there has been no follow-up.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harapan guru untuk program pengembangan profesional dalam: 1) perencanaan; 2) pengorganisasian; 3) pelaksanaan; dan 4) monitoring yang dilakukan di MI Miftahul Jannah dan MI Al-Munawarroh Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis, deskriptif kualitatif. Metode yang dipilih adalah purposive sampling, dengan wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini adalah: 1) Harapan guru dalam rencana program belum memenuhi harapan; 2) Harapan guru untuk organisasi program belum sepenuhnya memenuhi harapan; 3) Harapan guru untuk eksekusi program belum memenuhi harapan; dan 4) Harapan guru untuk program pengembangan profesional guru pengawas belum memenuhi harapan karena para guru tidak dievaluasi secara langsung, supervisor peran lebih rendah dalam evaluasi, dan belum ada tindak lanjut.Kata kunci: ekspektasi guru, program pengembangan profesi, profesi guru, implementasi

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

JMMP

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Environmental Science

Description

Focus and Scope . Assessment dan evaluasi pembelajaran Manajemen Teknologi dan Inovasi pembelajaran Pembelajaran berbasis HOT Pembelajaran berbasis inkusif Manajemen pembelajaran terpadu Manajemen pendekatan Ilmiah termasuk metode ilmiah sebagai metode yang sedang berlangsung; Blended ...