JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN (JMMP)


PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Catur Atka Handayani Mutiara (Unknown)
Sulton Djasmi (Unknown)
Irawan Suntoro (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2017

Abstract

The purpose of the study: to describe the role of principals in improving the quality of education in SDIT Baitul Jannah. Research focus: role of principal as educator, manager, administrator, supervisor, leader, creator of work climate, and entrepreneur. Qualitative research of phenomenology with case study design, data collection technique through observation, documentation and interview. Data sources: foundations, principals, vice principals and teachers. Data analysis: triangulation by comparing the results of observation, documentation and interview. Result of research: 1) headmaster as educator that is a teacher, 2) as manager that is managing and evaluation, 3) as administrator that is working together with vice principal doing administration, 4) as supervisor that is make, supervise supervision, 5) as leader Namely implementing the vision, mission and characteristics of the school, 6) as the creator of the working climate is to seek a conducive working climate, 7) as an entrepreneur that is to provide entrepreneurial insight.Tujuan penelitian: mendeskripsikan pelaksanaan peranan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDIT Baitul Jannah. Fokus penelitian: peranan kepala sekolah sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor, pemimpin, pencipta iklim kerja, dan wirausahawan. Penelitian kualitatif fenomenologi dengan rancangan studi kasus, teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Sumber data: yayasan, kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru. Analisis data: triangulasi dengan membandingkan hasil observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian: 1) kepala sekolah sebagai pendidik yaitu seorang guru, 2) sebagai manajer yaitu mengelola serta evaluasi, 3) sebagai administrator yaitu bekerja sama dengan wakil kepala sekolah melakukan administrasi, 4) sebagai supervisor yaitu membuat, mengawasi supervisi, 5) sebagai pemimpin yaitu mengimplementasi visi, misi dan karakteristik sekolah, 6) sebagai pencipta iklim kerja yaitu mengupayakan iklim kerja yang kondusif, 7) sebagai wirausahawan yaitu memberikan wawasan wirausaha.Kata kunci: peranan kepala sekolah dan mutu pendidikan.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

JMMP

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Environmental Science

Description

Focus and Scope . Assessment dan evaluasi pembelajaran Manajemen Teknologi dan Inovasi pembelajaran Pembelajaran berbasis HOT Pembelajaran berbasis inkusif Manajemen pembelajaran terpadu Manajemen pendekatan Ilmiah termasuk metode ilmiah sebagai metode yang sedang berlangsung; Blended ...