JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN (JMMP)


IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSIF

Nofita Sari Astanu (Unknown)
Sowiyah Sowiyah (Unknown)
Irawan Suntoro (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2016

Abstract

This study aimed to analyze, describe and evaluate of Inclusive Education Program Implementation in SMAN 2 Metro. This study used qualitative approach. Techniques of collecting data were interviewing, observations and documentations. Analysis data techniques used data interactive type of Miles and Hubbermans theories. The results of study were (1). Contact; implementation of Inclusive Education Program referred Metro Mayors rules related to Implementation of Inclusive Education Program. (2). Input; a. Students were able to do behavior modification, b. mastered of concept and learning activity process for blind, deaf, intellectual disorder, parts of body and movement disorder, behavior and social disorder. (3). Process; Implementation of Inclusive Education Program could not be separated with modification curriculum as a support for this program. It can be concluded that process of supplying infrastructures were run well but the process of this implementation did not run well yet.Penelitian ini bertujuan menganalisis, mendeskripsikan dan mengevaluasi pengimplementasian program pendidikan inklusif di SMAN 2 Metro. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik mengumpulkan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan pola interaktif data Miles dan Hubberman. Hasil penelitian diperoleh adalah (1). Contact: Pelaksanaan pendidikan inklusi di SMAN 2 Metro mengacu pada peraturan Walikota Metro tentang penyelenggaraan pendidikan inklusi. (2). Input: a. Anak mampu melakukan modifikasi perilaku, b. menguasai konsep dan kenterampilan pembelajaran bagi anak yang mengalami gangguan penglihatan, pendengaran, intelektual, anggota tubuh dan gerak, perilaku dan sosial. (3) Process: Proses penyelenggaraan program pendidikan inklusi tidak terlepas dari kurikulum yang dikembangkannya sebagai pendukung terlaksananya pendidikan inklusi. Bisa disimpulkan bahwa proses pengadaan sarana dan prasarana berjalan dengan lancar akan tetapi proses penyelenggaraan belum berjalan dengan maksimal.Kata kunci: implementasi, model CIPP, program pendidikan inklusif, studi evaluatif

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

JMMP

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Environmental Science

Description

Focus and Scope . Assessment dan evaluasi pembelajaran Manajemen Teknologi dan Inovasi pembelajaran Pembelajaran berbasis HOT Pembelajaran berbasis inkusif Manajemen pembelajaran terpadu Manajemen pendekatan Ilmiah termasuk metode ilmiah sebagai metode yang sedang berlangsung; Blended ...