JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN (JMMP)


Teacher Mentoring: Problems and Solutions

Ridwan Ridwan (1SMP Negeri 3 Way Pengubuan, Lampung Tengah, Lampung, Indonesia)
Dedy H. Karwan (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung, Indonesia Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung, Indonesia.)
Hasan Hariri (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung, Indonesia Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2020

Abstract

Abstrak: Pendampingan guru: masalah dan solusi. Tujuan: Paper ini bertujuan untuk menemukan jawaban atas pertanyaan penelitian, 1) Masalah apa yang dihadapi guru? 2) Bagaimana pendampingan mengatasi masalah ini? Metode: Penulis menerapkan penelitian tindakan model Margaret Riel yang terdiri dari mempelajari dan merencanakan, mengambil tindakan, mengumpulkan dan menganalisis bukti dan refleksi. Penulis menggunakan instrumen a) lembar format pengamatan, b) format flanders, c) kamera, dan 4) format lima langkah pendampingan. Terdapat empat guru terlibat dalam penelitian ini. Temuan: 1) Masalah guru meliputi masalah kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional, 2) Pendampingan mampu menyelesaikan masalah ini melalui kemampuan mentor dalam memainkan peran pendamping untuk menghasilkan hubungan yang baik antara mentor dan dampingan (mentoran).Kata kunci: hubungan, pendampingan, guru yang efektif DOI : http://dx.doi.org/10.23960/jmmp.v8.i2.202003

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

JMMP

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Environmental Science

Description

Focus and Scope . Assessment dan evaluasi pembelajaran Manajemen Teknologi dan Inovasi pembelajaran Pembelajaran berbasis HOT Pembelajaran berbasis inkusif Manajemen pembelajaran terpadu Manajemen pendekatan Ilmiah termasuk metode ilmiah sebagai metode yang sedang berlangsung; Blended ...