Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 4 No 1 (2020)

PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES LITERASI SAINS SISWA PADA TOPIK KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP

Putri, Rahmadyah Kusuma (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes literasi sains yang valid dan reliabel pada topik keanekaragaman makhluk hidup. Model pengembangan instrumen tes menggunakan model ADDIE (Analyze, Development, Design, Implementation dan Evaluation). Instrument tes diuji validitas dan realibilitasnya. Validitas instrumen yang dilakukan adalah validitas butir soal, yaitu membandingkan nilai r pada tiap butir soal dengan r product moment. Realibilitas yang dilakukan menggunakan rumus Kuder Richardson 20 (KR-20). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 18 butir soal dari instrumen tes terbukti valid, rhitung > rtabel (0.278) (?) 5%, (db= n-2). Instrumen tes juga memiliki realibilitas dalam kategori tinggi (r11= 0.859).                                                                 Kata kunci: instrumen tes, keanekaragaman makhluk hidup, literasi sains, model ADDIE

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...