Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 4 No 1 (2020)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI)

Sari, Tri Maniarta (Unknown)
Ernawati, Ernawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar kognitif mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI). Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Malang. Subjek dari penelitian ini yaitu mahasiswa angkatan 2016 kelas A yang menempuh matakuliah keanekaragaman hewan  dengan jumlah mahasiswa sebanyak 32 orang.  Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) berbasis Lesson Study (LS) yang dilakukan dalam 2 siklus selama 1 semester. Data hasil belajar kognitif diperoleh dari hasil tes essay yang didukung hasil observasi, dan pengerjaan LKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran GI mampu meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa dengan peningkatan sebesar 12,22.Kata kunci: Hasil Belajar Kognitif, Model Pembelajaran, dan Group Investigation (GI)

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...