Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 4 No 1 (2020)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERDASARKAN IDENTIFIKASI KEANEKARAGAMAN CAPUNG DI PERSAWAHAN DESA TABEAK KAUK KABUPATEN LEBONG

Yunasiska, Elza Anggun (Unknown)
Ansori, Irwandi (Unknown)
Rahman, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang berdasarkan identifikasi jenis capung yang terdapat di area persawahan Desa Tabeak Kauk. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan menggunakan model pengembangan Sugiyono. Langkah-langkah dalam penelitian ini terdiri dari  potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba dan revisi produk. Uji coba skala terbatas dilakukan pada peserta didik kelas X SMAN 3 Kabupaten Lebong. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 9 jenis dari 5 famili capung yang terdapat di persawahan Desa Tabeak Kauk. Uji validasi LKPD dari ketiga validator memperoleh nilai  rata-rata dengan persentase sebesar 88,1% (kriteria “sangat layak”). Hasil uji coba LKPD pada 29 peserta didik kelas X mendapatkan persentase ketuntasan klasikal sebesar 82,8%. Hasil uji validasi dan uji coba menunjukan bahwa LKPD yang dikembangkan ini termasuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba tersebut, LKPD berdasarkan keragaman capung di Persawahan Desa Tabeak Kauk Kabupaten Lebong layak digunakan sebagai bahan ajar materi keanekaragaman hayati kelas X tingkat SMA. Kata Kunci : Capung, Lembar Kerja Peserta Didik, Desa Tabeak Kauk

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...