Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa Pada Mata Kuliah Ekologi Hewan di Program studi Pendidikan Biologi FKIP UMB. penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized Prettes postes Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester VII A dan VII C Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMB. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari-Februari 2018. Analisis data dalam penelitian menggunakan uji Normalitas, uji Homogenitas dan uji-t dengan menggunakan program SPSS 22. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen yaitu 78. Hasil uji-t kemampuan berpikir kritis siswa memiliki nilai berbeda yaitu 0,000, Thitung 4.083 dan Ttabel 2.00 maka Thitung >Ttabel (4.082>2.00), jadi H0 diterima dan HI ditolak. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh model pembelajaran berbasis PBI (Problem Based Instruction) terhadap kemampuan berpikir mahasiswa program studi FKIP UMB.Kata Kunci : Problem Base Instruction, Kemampuan Berpikir Kritis
Copyrights © 2020