Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 4 No 1 (2020)

PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UMB

Santoso, Santoso (Unknown)
Herlina, Meti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa Pada Mata Kuliah Ekologi Hewan di Program studi Pendidikan Biologi FKIP UMB. penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized  Prettes postes Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester VII A dan VII C Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMB. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari-Februari 2018. Analisis data dalam penelitian menggunakan uji Normalitas, uji Homogenitas dan uji-t dengan menggunakan program SPSS 22. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen yaitu 78. Hasil uji-t kemampuan berpikir kritis siswa memiliki nilai berbeda yaitu 0,000, Thitung 4.083 dan Ttabel 2.00 maka Thitung >Ttabel (4.082>2.00), jadi H0 diterima dan HI ditolak. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh model pembelajaran berbasis PBI (Problem Based Instruction) terhadap kemampuan berpikir mahasiswa program studi FKIP UMB.Kata Kunci           : Problem Base Instruction, Kemampuan Berpikir Kritis

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...