Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 4 No 1 (2020)

PENGEMBANGAN DAN VALIDASI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATERI KAPANG UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS X

Sari, Wiji Kesuma (Unknown)
Jumiarni, Dewi (Unknown)
Yani, Ariefa Primair (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan berdasarkan identifikasi keanekaragaman kapang pada buah-buahan di Pasar Panorama Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan Penelitian dan pengembangan menggunakan metode Borg & Gall (1983). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket (kusioner). Instrumen yang digunakan adalah lembar angket (kuisioner) untuk tiga orang validator (ahli media, ahli materi dan guru Biologi SMA kelas X), dan lembar respon untuk peserta didik. Berdasarkan hasil validasi oleh validator, LKPD yang disusun dinilai sangat valid dengan nilai rata-rata 86%. Hasil uji keterbacaan oleh peserta didik juga memperoleh predikat sangat baik dengan nilai rata-rata 97%.Berdasarkan hasil uji validitas dan keterbacaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan layak atau sangat valid digunakan sebagai bahan ajar materi kapang pada mata pelajaran Biologi SMA/MA. Kata Kunci : Keanekaragaman, Kapang Buah,Lembar Kerja Peserta Didik 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...