Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan berdasarkan identifikasi keanekaragaman kapang pada buah-buahan di Pasar Panorama Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan Penelitian dan pengembangan menggunakan metode Borg & Gall (1983). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket (kusioner). Instrumen yang digunakan adalah lembar angket (kuisioner) untuk tiga orang validator (ahli media, ahli materi dan guru Biologi SMA kelas X), dan lembar respon untuk peserta didik. Berdasarkan hasil validasi oleh validator, LKPD yang disusun dinilai sangat valid dengan nilai rata-rata 86%. Hasil uji keterbacaan oleh peserta didik juga memperoleh predikat sangat baik dengan nilai rata-rata 97%.Berdasarkan hasil uji validitas dan keterbacaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan layak atau sangat valid digunakan sebagai bahan ajar materi kapang pada mata pelajaran Biologi SMA/MA. Kata Kunci : Keanekaragaman, Kapang Buah,Lembar Kerja Peserta Didik
Copyrights © 2020