VISI : Jurnal Ilmiah Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal
Vol 15 No 1 (2020): VISI : Jurnal Ilmiah Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal

SURVEI UPAYA GURU DALAM MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN EFEKTIF BERDASARKAN PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK

Nopi Sri Rejeki (Universitas Al Azhar Indonesia)
Rohita Rohita (Universitas Al Azhar Indonesia)
Murti Kusuma Wirasti (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan upaya-upaya yang telah dilakukan guru dalam menciptakan pembelajaran efektif berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Metode penelitian yang digunakan adalah survei pada 38 orang guru TK di Kecamatan Rangkas Bitung, Kabupaten Lebak, Propinsi Banten. Penentuan partisipan penelitian menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan observasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara rerata guru telah berupaya menciptakan pembelajaran efektif sebesar 2,88 poin atau cukup sering. Sedangkan dari kesepuluh prinsip pembelajaran di TK, ada 2 prinsip yaitu yang telah sering diupayakan dilakukan oleh guru, yaitu menciptakan lingkungan yang kondusif dan menciptakan pembelajaran yang demokratis. Tetapi ada 8 prinsip yang berada pada kategori cukup sering atau jarang diupayakan oleh guru untuk menciptakan pembelajaran efektif. Dari 8 prinsip tersebut, prinsip menggunakan pendekatan tematik adalah prinsip yang paling jarang dilakukan oleh guru. Kesimpulannya, guru dan sekolah telah berupaya untuk menciptakan pembelajaran efektif berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran di Taman Kanak-Kanak tetapi masih memerlukan peningkatan kemampuan dalam menyusun rancangan pembelajaran dan melaksanakan seluruh prinsip pembelajaran di TK.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jiv

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal VISI is published on Juni and December every year which published by Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Jakarta. This journal focuses on Early Childhood Education and Society Education. This journal warmly welcomes to articles contributions from scholars of related ...