JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 8 No 2 (2020): Vol.8.No.2.2020

META-ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PENGEMBANGAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA

Dharma Gyta Sari Harahap (Unknown)
Festiyed . (Unknown)
Ellizar . (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2020

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) model yang digunakan dalam pengembangan; (2) apa jenis produk yang dihasilkan; dan (3) apa tujuan dari pengembangan tersebut, yang dalam hal ini lebih di khususkan dalam pembelajaran IPA. Meta-analisis kualitatif dengan menggunakan metode sintesis kualitatif Ogaea dan Malen dalam Gall (2003) terhadap pengembangan desain pembelajaran khususnya dalam pembelajaran IPA dilakukan melalui studi di sejumlah jurnal internasional. Pengambilan sampel menggunakan strategi sampel homogen (Gall, 2003). Sampel dalam penelitian ini adalah 30 Jurnal Internasional yang membahas mengenai Pengembangan dalam Desain Pembelajaran, yang dalam hal ini lebih fokus pada pengembangan desain pembelajaran IPA. Data diperoleh menggunakan instrumen ringkasan hasil dan analisi data. Hasil penelitian menunjukkan informasi berdasarkan persentasi terbanyak, yaitu (1) 46,7% model yang digunakan adalah Model Pengembangan PLOMP; (2) 63,3% produk yang dikembangkan berupa Modul Pembelajaran/ Bahan Ajar; dan (3) 30% tujuan yang diharapkan dari pengembangan adalah peningkatan terhadap hasil belajar IPA siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...