JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 8 No 2 (2020): Vol.8.No.2.2020

THE DEVELOPMENT OF LEARNING DOCUMENTS BASED ON PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) MODELS IN IMPROVING UNDERSTANDING CONCEPTS AND CRITICAL THINKING SKILLS OF CLASS V STUDENTS OF PRIMARY SCHOOLS

Dimas Aditya Nugroho (Universitas Negeri Surabaya)
Mustaji . (Universitas Negeri Surabaya)
Raden Roro Nanik Setyowati (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
07 May 2020

Abstract

Penelitian ini dilandasi pentingnya penggunaan model pembalajaran Predict, Observe, Explain (POE) untuk melatih kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep bagi siswa. Tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk mengatahui dan menjabarkan validitas, keperaktisan, dan keefektivan perangkat pembelajaran berbasis model Predict, Observe, Explain (POE) untuk menignkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembagan dengan mengacu pada model pengembangan 4-D dan penelitian ini menggunakan desain one group pre-test and post test, dengan menggunakan subjek penelitian berjumlah 20 siswa kelas V SD Negeri Lidah Kulon IV/467 Surabaya. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memilki kategori rata-rata valid dengan nilai 3,7, selain itu untuk analisis keperaktisan dapat dikatakan positif dengan keterlaksanaan perangkat pembelajaran yang baik, dan keefektivan perangkat pembalajaran dapat dikatakan efektif hal tersebut dibuktikan dari ketuntasan nilai pre-test yang sebelumnya hanya sebesar 50% siswa yang tuntas dan setelah mengikuti pembelajaran terintegrasi model POE menjadi 100% siswa tuntas dengan nilai ≥75.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...