Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

Intuisi Aktivitas Siswa dalam Model Interaksi Leikin pada Pembelajaran Matematika

Finensius Y Naja (Universitas Flores)
Sofia sao (Universitas Flores)
Agustina Mei (Universitas Flores)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2020

Abstract

Intuisi aktivitas merupakan proses interaksi berpikir yang berhubungan dengan perlakuan siswa secara spontan dalam situasi pembelajaran. Berpikir spontan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu spontan yang munculnya tiba-tiba saat seseorang memahami masalah dan spontan yang munculnya berdasarkan pengalaman masa lalu dari orang tersebut. Intuisi berkaitan erat dengan interaksi, intuisi akan terlihat disaat adanya interaksi seseorang dengan orang lain atau dengan sesuatu yang lain. Tujuan dari penelitian ini mningkatkan aktivitas interaksi siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model interaksi Leikin. Jenis penelitian ini adalah penelitian mix-method melalui desain perangkat model pembelajaran interaksi Leikin, pada penelitian ini digunakan analisis deskriptif untuk mengetahui intuisi interaksi. Interaksi dalam penelitian ini adalah aktifitas yang terjadi dalam hubungan kebutuhan pada proses pembelajaran, yaitu hubungan antara guru dengan siswa, siswa dengan guru, siswa dengan siswa dan siswa dengan sumber belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aktifitas guru dalam menjalankan pembelajaran tinggi dari hasil validasi yaitu dengan nilai rata-rata 3,58 terletak pada kriteria tinggi. Respon siswa terhadap pembelajaran dilihat dari aktifitas siswa mencapai nilai rata-rata 74,16%, maka indikator respon terletak pada kriteria Positif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...