Penelitian ini bertujuan untuk : Untuk mengungkapkan penerapan keterampilan guru abad 21 di SMK Negeri 1 Tanjung Raya dilihat dari keterampilan hidup dan berkarir, belajar dan berinovasi, serta teknologi dan media informasi di SMK Negeri 1 Tanjung Raya dan Mengungkapkan perbedaan penerapan keterampilan guru abad 21 antar jurusan Teknik Mesin/Teknik Kendaraan Ringan dan Jurusan Teknik Gambar Bangunan/Teknik Kontruksi Properti. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru SMK Negeri 1 Tanjung Raya, penelitian dilakukan kepada 53 Guru kejuruan. Data dikumpulkan melalui pembagian angket kepada guru selaku responden. Data diolah melalui uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keterampilan guru abad 21 di SMK Negeri 1 Tanjung Raya dilihat dari keterampilan hidup dan berkarir, belajar dan berinovasi, serta teknologi dan media informasi di SMK Negeri 1 Tanjung Raya berada pada interpretasi baik. 2) Terdapat perbedaan penerapan keterampilan guru abad 21 antar jurusan Teknik Mesin/Teknik Kendaraan Ringan dan Jurusan Teknik Gambar Bangunan/Teknik Kontruksi Properti. Implikasi penelitian ini berupa pemberian pelatihan keterampilan kepada guru produktif dan melaksanakan sosialiasi lebih lanjut mengenai keterampilan yang perlu dikuasai guru. Kebaruan penelitian ini berupa subjek penelitiannya berupa guru.
Copyrights © 2020