Penelitian ini bertujuan merancang media pembelajaran sebagai solusi atas pembelajaran matematika yang membutuhkan bahan ajar inovatif sehingga dapat meminimalisir gangguan belajar. Pelaksanaan pengembangan bahan ajar ini menggunakan  Model Pengembangan Instruksional (MPI) yang memiliki 3 tahapan: 1) melakukan analisis dan observasi perilaku dan karakteristik siswa; 2) mengembangkan prototipe media pembelajaran siswa; 3) evaluasi formatif. Dalam penelitian ini masih dalam tahap analisis dan pengembangan prototipe sistem. Hasil pengembangan berupa modul pemelajaran matematika untuk SD Kelas V bagi penderita diskalkulia. Karakteristik modul, berisi permasalahan kehidupan sehari-hari, menggunakan kalimat sederhana, perpaduan warna yang dapat mempermudah siswa dalam proses belajar mengajar berlangsung, serta sesuai dengan Tujuan Instruksional Umum (TIU) dan pemecahan masalah matematis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020