Artikel ini menguraikan hasil eksplorasi terhadap data kemampuan awal statistis mahasiswa dalam menghadapi informasi statistik dan menyelesaikan permasalahan statistika deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun akademik 2018/2019 dengan desain kuasi-eksperimen. Kemampuan awal statistis (KAS) mahasiswa dieksplorasi dari hasil pekerjaan mahasiswa terhadap soal tes uraian. Hasil eksplorasi menunjukkan adanya perbedaan cara kerja dan KAS mahasiswa. Mahasiswa yang mewakili kategori KAS-tinggi sudah dapat memahami konsep skala pengukuran dan menerapkannya secara tepat terhadap permasalahan, dapat memperkirakan jawaban dan proses solusi dengan cara yang logis, memahami konsep dan keterkaitan ukuran-ukuran pemusatan, serta dapat menafsirkan informasi statistik dan memberikan kesimpulan yang relevan menggunakan cara pandang mereka terhadap permasalahan. Mahasiswa dari kelompok KAS-rendah belum memahami konsep skala pengukuran, cenderung dapat menentukan ukuran-ukuran statistik dan memperkirakan jawaban namun dengan cara yang belum jelas, cenderung masih menginterpretasikan informasi statistik secara terbatas.
Copyrights © 2020