Jambura Edu Biosfer Journal
Vol 2, No 1 (2020): Jambura Edu Biosfer Journal (JEBJ)

Validitas Bahan Ajar Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan untuk Kelas Viii SMP

Sukrin Ismail (Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo)
Frida Maryati Yusuf (Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo)
Jusna Ahmad (Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan yang valid. Pengembangan bahan ajar menggunakan rancangan penelitian Research and Development (RD) sampai pada uji coba terbatas. Validitas bahan ajar ditentukan berdasarkan hasil validasi oleh empat validator terdiri atas tiga orang dosen ahli dan satu orang guru IPA. Validitas bahan ajar diperoleh berdasarkan kualitas isi, kebenaran dan kedalaman konsep, kelayakan bahasa serta kualitas kelengkapan. Bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing berdasarkan hasil penilaian oleh validator, persentase setiap aspek yang diperoleh minimal 81.25% dengan kriteria minimal valid, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, bahan ajar berbasis model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan telah memenuhi syarat valid untuk digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edubiosfer

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah menyediakan tempat bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel atau artikel ulasan asli. Scoper dari artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini berhubungan dengan berbagai topik, termasuk: Biologi, Pendidikan Biologi, Genetika, Bioteknologi, ...