Jambura Physics Journal
Vol 2, No 1 (2020): April 2020

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS BLENDED LEARNING DAN CRITICAL THINKING SKILL PADA MATA KULIAH ASTROFISIKA DALAM MENYONGSONG ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Juliana Nirahua (Universitas Pattimura Ambon)
Jony Taihuttu (Universitas Pattimura Ambon)
Venty Sopacua (Universitas Pattimura Ambon)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berbasis blended learning dan critical thinking skill pada mata kuliah Astrofisika dan untuk mengetahui kelayakan dari bahan ajar berbasis blended learning dan critical thinking skill yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan yang meliputi 4 tahapan define, design, develop, dan disseminate. Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahapan develop karena hasil penelitian sudah tercapai. Hasil validasi bahan ajar oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan valid dan layak untuk diujicobakan. Hasil uji coba pada 30 mahasiswa Astrofisika program studi pendidikan fisika menunjukkan bahwa Bahan Ajar Astrofisika berbasis Blended Learning and Critical Thinking SkillI telah memenuhi standar kelayakan sebagai bahan ajar yang dapat digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa, dapat digunakan secara klasikal dan mandiri, secara online dan offline (face to face).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpj

Publisher

Subject

Education Energy Materials Science & Nanotechnology Physics

Description

The Jambura Physics Journal (JPJ) is the official journal of Physics Department, Faculty Mathematics and Natural Science, Universitas Negeri Gorontalo. JPJ is a peer-reviewed article publish articles twice a year in April and October. The research article submitted to this online journal will be ...