Jurnal Ilmiah Aquinas
Vol 3 No 2 (2020): Juli 2020

Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika Kelas V SDN

Ambarita, Alben (Unknown)
NUR JANAH, PUTRI INTAN (Unknown)
TARIGAN, HERMAN (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan yang signifikan pada penerapan model quantum teaching terhadap kemampuan berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan non- equivalent control grup design. Populasi penelitian berjumlah 52 orang peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Instrumen yang digunakan soal tes uraian. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan uji statistik t-test sparated varians. Hasil analisis data menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model quantum teaching terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan Fhitung>Ftabel dan thitung > ttabel serta terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan kategori “Sedang”.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Aquinas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Media publikasi ilmiah bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris terbit dalam 2 (dua) kali setahun.Terbit Setiap Bulan Juli dan januari Setiap ...