Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2 (2020): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN EXTROVERT DAN INTROVERT

Mutiara Siska (Universitas jambi)
Jefri Marzal (Universitas Jambi)
Muhammad Haris Effendi (Universitas jambi)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2020

Abstract

Metode deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan komunikasi dan pemahaman matematis berdasarkan tipe kepribadian extrovert dan introvert. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif-kuantitatif. Subjek penelitian siswa kelas V SD dengan 1 siswa extrovert dan 1 siswa introvert. Pemilihan subjek berdasarkan teknik pengambilan cluster sampling dan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa profil kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa extrovert cukup dengan persentase 75% dan profil kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa introvert baik dengan persentase 81,25%. Profil kemampuan komunikasi matematis lisan siswa extrovert baik dengan persentase 81,25% dan profil kemampuan komunikasi matematis lisan siswa introvert kurang dengan persentase 56,25%. Profil kemampuan pemahaman matematis siswa extrovert baik dengan persentase 81,25% dan profil kemampuan pemahaman matematis siswa introvert sangat baik dengan persentase 87,50%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Delta

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika menyajikan informasi mutakhir hasil kajian dan penelitian bidang matematika dan pendidikan. Lingkup matematika meliputi statistik, aljabar, geometri, analisis, komputer, terapan. Sedangkan lingkup pendidikan meliputi pembelajaran matematika, media ...